Dominikus Agus Goenawan
Ketika bencana datang, pikirkan kebaikan yang dapat didatangkannya?
Sering kali kita mendapatkan bahwa bencana singkat dapat berubah menjadi keuntungan jangka panjang (Zig Ziglar)

Sebagai orang beriman, kita percaya bahwa Tuhan tidak memiliki rancangan untuk membuat umatNya menderita. Ia hanya memiliki rancangan damai sejahtera untuk kita dan semua diatur tepat pada waktunya.

Pada saat kita sedang menghadapi kesulitan atau masalah dalam hidup ini, janganlah anda berpikir bahwa semua itu berasal dari Tuhan. Kesulitan atau masalah tersebut muncul dari dalam diri kita sendiri atau dari kuasa setan yang menggoda kita. Minta tolonglah kepada Tuhan dan berusahalah untuk mengatasinya, maka Tuhan pasti tidak akan tinggal diam, Dia pasti segera manolong kita.

Pikiran manusia yang terbatas tidak dapat mengerti rencana Allah yang luar biasa; kita baru menyadarinya beberapa waktu setelah peristiwa itu terjadi. Kita harus yakin dibalik setiap peristiwa, yang mungkin menyakitkan bagi kita, ternyata ada rencana Allah yang indah dan sangat bermanfaat untuk kita. Misalnya seorang gadis merasa kecewa karena ia ditinggal pergi oleh pacarnya padahal mereka telah sepakat tiga bulan lagi akan menikah. Bila si gadis bunuh diri, maka tidak ada manfaat yang didapatnya, tetapi bila ia dapat bersyukur dan menyadari bahwa semua itu rencana Tuhan, maka beberapa bulan kemudian ia mendapatkan jodoh yang lebih baik dan lebih menyayanginya, sedangkan calon pertamanya ternyata sudah memiliki keluarga. Nah ... semua baru jelas setelah kejadian tersebut berlalu.

Jadi kita perlu untuk bersyukur atas segala hal yang kita alami, baik suka maupun duka, karena dibalik semua itu pasti ada manfaat yang kita peroleh. Memang untuk dapat melakukan hal seperti ini dibutuhkan hati yang besar, tetapi hasilnya pun memang luar biasa.Sekali lagi perlu kita ingat bahwa Tuhan memiliki rencana indah dan tepat pada waktunya untuk kita sekalian. Amin.
 


Comments




Leave a Reply