Dominikus Agus GoenawanNovember 24, 2009 
Tuhan memiliki lima rencana untuk setiap masalah, yaitu untuk MENGARAHKAN ke tujuan yang benar, MEMERIKSA keteguhan iman, MENGOREKSI agar kita belajar dari masalah tersebut, MELINDUNGI dari masalah yang lebih serius, dan MENYEMPURNAKAN kita agar memiliki karakter yang lebih baik.


Kita sering mendengar bahwa rencana Tuhan itu indah dan terjadi tepat pada waktunya, baik saat kita suka maupun duka. Sebenarnya Tuhan tidak pernah merencanakan masalah untuk kita semua. Masalah itu timbul karena (1) harapan kita tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi, (2) godaan kedagingan, atau (3) godaan setan.

Saat masalah menerpa kita, percayalah masalah tersebut tidak melebihi kekuatan kita, karena Ia yang selalu menopang dan memberi jalan kepada kita. Atas setiap masalah yang kita hadapi, Tuhan setidaknya memiliki lima rencana indah untuk kita, yaitu :
1. Mengarahkan ke tujuan yang benar; dalam hal ini Tuhan menunjukkan bahwa harapan atau keinginan kita itu tidak tepat.
2. Memeriksa keteguhan iman; Tuhan ingin mengetahui seberapa besar ketaatan dan iman kita kepadaNya pada saat menghadapi suatu persoalan.
3. Mengoreksi agar kita dapat belajar dari masalah tersebut; Tuhan tidak ingin kita jatuh untuk kedua kalinya dalam masalah yang sama.
4. Melindungi dari masalah yang lebih serius; dari kegagalan yang kita hadapi ini, Tuhan memperingati kita agar berhati-hati sehingga kita tidak gagal lagi dalam masalah yang lebih besar.
5. Menyempurnakan kita agar memiliki karakter yang lebih baik; dengan persoalan dan kegagalan ini, Tuhan menginginkan agar kita tidak tinggi hati dan menyadari bahwa kita pun membutuhkan bantuan orang lain.

Apa pun persoalan yang kita hadapi, hendaknya kita tetap bersukur kepada Tuhan karena Ia memiliki rencana yang luar biasa dan selalu melindungi kita. Amin.

 


Comments




Leave a Reply