Dominikus Agus GoenawanJanuary 4
Perjalanan terpanjang bukan dari bumi ke matahari tetapi dari akal (pikiran di kepala) ke hati nurani (budi di dada) yaitu perjalanan untuk mengubah iman intelektual menjadi iman percaya.


Secara fisik, memang jarak dari bumi ke matahari memang jauh, yaitu sekitar 150 juta km. Tetapi masih ada perjalanan yang lebih jauh lagi, karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengubah iman kepercayaan intelektual yang berdasarkan logika menjadi iman yang percaya, yaitu yang berdasarkan pada hati, tanpa perlu meminta suatu pembuktian yang sesuai dengan penalaran manusia.

Bila kita menggunakan logika intelektual kita, maka akan muncul berbagai pertanyaan “mengapa begini, mengapa begitu” pada saat kita coba menalarkan berbagai hal yang berkaitan dengan iman. Sedangkan iman percaya sudah tidak mengandalkan logika tetapi menyerahkan sepenuhnya pada kekuasaan Allah yang berada di luar jangkauan pemikiran manusia.

Untuk membuat manusia berubah ini memang tidak mudah, bahkan boleh dibilang mustahil bila hanya mengandalkan usaha manusia. Kita perlu mendoakan orang tersebut agar berubah, dan Allah sendiri yang bekerja untuk mengubahnya. Jadi tugas kita adalah terus mendoakan orang-orang agar mereka memiliki iman percaya yang mengandalkan hati, bukan pikiran atau pengetahuan atau logika lagi. Amin !
 


Comments




Leave a Reply