Dominikus Agus GoenawanJanuary 6
Perbedaan antara orang biasa dengan orang besar adalah kemampuan mereka untuk memilih jalan yang sulit, orang besar berani menanggung resiko (Ryuho Okawa).


Tuhan memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk menjadi orang besar atau orang yang biasa-biasa saja (mediocre). Untuk menjadi orang besar memang tidak mudah, kita perlu bekerja keras, bekerja cerdas, tidak mudah putus asa dan masih banyak syarat lainnya.

Salah satu karakteristik orang besar adalah berani menanggung resiko, maksudnya adalah resiko yang telah diperhitungkan. Ia melihat bahwa dalam setiap persoalan tetap ada peluang untuk menyelesaikannya, memang tidak mudah, karena itu ia harus berusaha. Walaupun demikian tetap ada resiko untuk gagal, dan orang besar telah memperhitungkan resiko tersebut.

Orang besar bukan orang yang nekad, yaitu orang yang ingin menang tanpa mempedulikan resiko besar yang akan dihadapinya. Orang seperti ini disebut bertipe penjudi, yang hanya mengandalkan nasib baik atau keberutungan semata.

Orang besar juga bukan seorang safety player, yang hanya ingin mencari aman saja – tidak berani mengambil resiko. Bila tidak berani mengambil resiko jelas ia tidak akan pernah berhasil, akibatnya tidak pernah menjadi orang besar.

 


Comments




Leave a Reply