Dominikus Agus GoenawanDecember 31, 2009
Jika A adalah keberhasilan dalam hidup, maka A = x + y + z, dengan x = kerja, y = bermain, dan z = tutup mulut (Einstein).

Banyak orang mengatakan bahwa untuk mencapai keberhasilan kita perlu bekerja keras (work hard), tetapi ternyata hal ini tidak terlalu tepat. Selain work hard dibutuhkan juga work smart (bekerja dengan cerdas), yang lebih mengandkan otak daripada otot.

Bekerja terus jelas membuat tubuh dan pikiran kita menjadi lelah, karena itu Einstein mengatakan bahwa hal ini perlu diimbangi dengan proses santai yang mengistirahatkan tubuh dan pikiran, yaitu dengan bermain. Bermain dalam hal ini juga berarti tidak usah menganggap semua hal sebagai sesuatu yang serius, sehingga menjadi beban bagi diri sendiri. Terimalah semua yang terjadi dengan penuh ucapan syukur, dan ingatlah dalam permainan kita tidak selalu mengan, jadi bila kita gagal atau kalah itu lumrah, yang penting bagaimana kita bangun kembali dengan penuh semangat untuk meraih kemenangan kembali.

Salah satu kunci keberhasilan lain menurut Einstein adalah ‘tutup mulut’. Seorang yang ‘besar mulut’ akan menceritakan kepada setiap orang akan berbagai hal yang dia ingin dan telah lakukan. Akibatnya jelas ide yang ada dalam pikirannya dapat dengan mudah ‘diserobot’ orang lain. Selain itu dengan pandai menutup mulut, maka kita akan menjadi orang yang dipercaya oleh atasan, rekan kerja, dan juga bawahan. Nah jelas inilah merupakan salah satu kunci keberhasilan.

Mau berhasil? Marilah kita bekerja keras dan bekerja cerdas, tetapi jangan semua dianggap serius, dan jangan lupa untuk ‘tutup mulut ! Semoga dan pasti berhasil !
 


Comments




Leave a Reply