Picture
Setelah melakukan yang terbaik tidak penting lagi menang atau kalah. Kemenangan adalah melakukan semua yang dapat dilakukan secara maksimal untuk mencapai hasil terbaik.

Ada orang yang mementingkan hasil tanpa mempedulikan proses. Baginya yang penting adalah menang, tidak peduli untuk itu ia harus melakukan berbagai kecurangan yang mungkin banyak merugikan orang lain. Kali ini memang dia berhasil dan menang, tetapi apakah hasil yang telah diperolehnya memberikan makna bagi kehidupannya pada masa mendatang? Rasanya tidak, karena orang-orang yang telah dirugikannya tidak akan membiarkan diri mereka ditipu untuk kedua kalinya. Hati-hatilah dengan orang seperti ini.

Di sisi lain ada orang yang dalam prosesnya selalu melakukan yang terbaik; bagi dia hasil tidak terlalu penting. Dengan melakukan yang terbaik, maka ia telah belajar dengan baik, sehingga semakin lama dirinya pun menjadi semakin hebat. Dalam hubungan dengan orang lain pun ia tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain, karena ia menerapkan prinsip win – win.

Mungkin betul kali ini dia tidak menang, tetapi dengan peningkatan diri yang diperolehnya dan prinsip selalu melakukan proses dengan baik, maka kemenangan itu hanya tinggal menunggu waktu baginya. Orang-orang yang pernah bekerjasama dengannya pun pasti puas, sehingga bersedia bila diajak untuk bekerja sama kembali.

Jadi marilah kita melakukan segala sesuatu dengan prinsip terbaik, lakukan dengan jujur tanpa merugikan orang lain, maka hasil terbaik segera akan dapat kita peroleh. Amin.

This is your new blog post. Click here and start typing, or drag in elements from the top bar.
 


Comments




Leave a Reply