Dominikus Agus GoenawanJanuary 1 2010
Jangan takut bila usia bertambah, karena ada 10 cara awet muda : makan makanan sehat, gunakan multivitamin dengan bijak, ubah persepsi, tingkatkan integrasi pikiran dan tubuh (bernapas dalam, yoga), olahraga, istirahat (rileks dan tidur lelap), eliminasi toksin, cintai sesama mahluk, pelihara pikiran muda, serta fleksibel dan kreatif (Deepak Chopra).


Selamat Tahun Baru 2010 ...
Semoga kita semua selalu diberi kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan ..

Dengan memasuki tahun 2010, usia kita bertambah satu tahun. Mungkin ada yang kecewa "Wah, ... saya sudah semakin tua !", marilah kita ubah kekecewaan tersebut menjadi "Dengan semakin tua, saya semakin bijak dan semakin baik ...'. Menjadi tua adalah proses alami, menjadi bijak dan baik adalah proses yang harus kita perjuangkan terus menerus.

Ketakutan menjadi tua berlaku terutama bagi mereka yang mengutamakan penampilan fisik seperti kecantikan dan kesegaran. Ketakutan dan kekuatiran itu semua berpangkal pada pikiran kita sendiri. Bila pikiran kita dipenuhi dengan berbagai hal yang negatip dan kekuatiran, maka tubuh kita pun menjadi tidak nyaman dan tidak seimbang. Hal ini lah yang menyebabkan kita menjadi cepat menjadi lebih tua.

Untuk menjadi tetap awet muda, ikutilah beberapa cara berikut. Kelompok pertama terkait dengan asupan ke dalam tubuh kita : (1) kita harus makan makanan yang sehat, bukan yang enak, (2) gunakan multivitamin dengan bijak, bukan menggunakan multivitamin sebanyak mungkin, (3) berpikir dengan fakta, tidak menggunakan persepsi negatip, dan (4) tingkatkan integrasi antara pikiran dan tubuh, misalnya dengan menarik napas yang dalam atau melakukan yoga. Kelompok ke dua terkaita dengan pengolahan tubuh dan pikiran, yaitu (5) rajin berolahraga, (6) cukup beristirahat, misalnya tidur yang cukup dan bersikap santai, (7) mengeliminasi toksin yang sudah ada di dalam tubuh, (8) bangkitkan rasa kasih di dalam diri sehingga mampu mencintai sesama mahluk, (9) membuat pikiran yang tetap segar dan muda, selalu diisi dengan berbagai hal yang segar dan positip, serta (10) bersikap fleksibel, tidak ngotot, dan kreatif dalam menghadapi berbagai masalah.

Silahkan anda mencobanya untuk tetap menjadi muda. Mau, kan ?
 


Comments




Leave a Reply