Stefan Leks
KERAHIMAN ILAHI [2] - Kerahiman ialah kasih yg bertindak. St. Faustina menyatakannya begini, "Kasih Allah adalah bunga; kerahiman adalah buahnya" (#949). Kerahiman ilahi ditunjukkan oleh Yesus secara paling nyata dlm Sengsara-Nya. Karena itulah doa kpd Yesus yg bersengsara adalah doa yg paling tepat sebab berlandaskan ...puncak kasih-Nya. Jam Kerahiman adalah saat kerahiman Allah perlu dimuliakan, sedangkan rahmat-Nya ditimba dng leluasa.
Yesus pernah bersabda kepada Faustina begini, "Pada jam (Kerahiman) ini Aku tidak akan menolak apa pun yg dimohon oleh jiwa2 yang mengajukan permintaan kepada-Ku demi sengsara-Ku" (1320).

Saat Koronka didaraskan, kita berdoa, "Demi sengsara Yesus yang pedih...." Justru inilah saat kerahiman ilahi memuncak. Maka Yesus bersabda, "Ingatlah akan sengsara-Ku dan kalau engkau tidak percaya akan kata2-Ku, sekurang-kurangnya percayalah akan luka2-Ku" (379).

Pada kesempatan lain, Yesus bersabda, "Lebih besar pahalanya satu jam merenungkan sengsara-Ku yang memilukan daripada satu tahun mendera diri sampai mengeluarkan darah; kontemplasi pada luka-luka-Ku yang pedih membawa manfaat yang besar bagimu, dan mendatangkan suka cita yang besar kepada-Ku" (369).... See More

"Putri-Ku, engkau paling menyenangkan Hati-Ku ketika engkau merenungkan sengsara-Ku yang pedih" (1512).

Dengan membaca semua sabda Yesus ini mudah disimpulkan bahwa kerahiman ilahi adalah sesuatu yang sangat nyata. Ia memuncak pada saat Yesus disengsarakan hingga mati di salib.

Namun, kerahiman ditunjukkan oleh Yesus sepanjang hidup-Nya, antara lain dalam kasih sayang-Nya kepada orang yang malang, tak berdaya, hina, bahkan terhadap mereka yang memboroskan anugerah-anugerah-Nya.



Leave a Reply.