Tabah Helmi NonakaJanuary 7
Stefan Leks: @Yoan Ketting Olivier: Hari ini jawaban atas pertanyaan pertama Anda.

Yoan Ketting Olivier :
Mengapa kita tidak mendoakan kedua doa
(Doa Jam Kerahiman Pukul 15:00 (Ya Yesus, Engkau telah wafat...) dan Doa Utama Kepada Kerahiman Ilahi (Darah dan air...)

tersebut diatas atau salah satu tepat pd pukul 15:00 daripada doa "apa saja" ?Karena disitu jelas disebutkan Doa Jam Kerahiman Pukul 15:00 (saya biasa menderaskan doa Darah & Air tepat pukul 3 jika tidak ada wkt utk ke kapel atau melakukan jalan salib)

Stefan Leks:
Kalau di suatu gambar/ folder/buku tertulis, bahwa doa tertentu, misalnya: "Darah dan Air" atau "Ya Yesus Engkau telah wafat" WAJIB diucapkan pada pkl 15:00, apalagi bahwa itu perintah Yesus, maka dengan tenang boleh dikatakan bahwa ini salah. Kedua doa itu atau salah satunya tetap BOLEH diucapkan, bahkan setiap hari, tetapi tidak pernah wajib.

Yoan sendiri menunjukkan sebuah situs Book Publisher. Di situ dikatakan begini sehubungan dengan The Hour of Great Mercy (Jam Kerahiman): Appropriate prayers for the Hour of Mercy, frequently recited by St. Faustina, would be: "You expired, Jesus", "O Blood and Water". Appropriate berarti: "yang cocok/sesuai", bukan "yang harus".

Di Pusat Kerahiman Ilahi di Polandia, Jam Kerahiman dibuka dengan lagu "Darah dan Air" yang dinyanyikan ala Taize berkali-kali sebagai persiapan akan doa yang menyusul. Sesudahnya menyusul renungan tentang Kerahiman Ilahi di hadapan salib Yesus selama k.l. 10 menit. Baru sebagai penutup diucapkan Koronka.

Supaya penjelasan ini lengkap, perlu ditambah sejarah doa "Darah dan Air". Ini doa yang diminta oleh Yesus bukan untuk diucapkan pada Jam Kerahiman, melainkan kapan saja dan oleh St. Faustina sendiri.
Kata-Nya kepada Faustina,

"Aku ingin agar dengan lebih mendalam ENGKAU mengenal cinta yg berkobar-kobar dalam Hati-Ku bagi jiwa2, dan ENGKAU akan memahami hal ini apabila ENGKAU merenungkan Sengsara-Ku. Serukanlah kerahiman-Ku bagi orang2 berdosa; Aku merindukan keselamatan mereka. Apabila, dng hati yg remuk rdam dan dng iman yg kuat, ENGKAU mendaras doa ini atas nama seorang berdosa, Aku akan memberikan rahmat pertobatan kepadanya. Inilah doanya: O Darah dan Air yang memancar dari Hati Yesus sebagai sumber kerahiman, aku mengandalkan Engkau." (Buku Harian Santa Faustina 186-187).

Doa ini sangat sesuai untuk Jam Kerahiman sebab salah satu tujuannya ialah mohon belas kasihan untuk orang berdosa. Doa ini disebut "Doa Utama" atau "Doa untuk pertobatan orang berdosa".
Menurut Pastor I. Rozycki, yang memeriksa seluruh tulisan St. Faustina atas perintah Vatikan, doa ini diharapkan oleh Yesus dari Sr. Faustina sendiri. Namun, doa ini boleh saja didaras oleh siapa saja dan kapan saja.

(part three~ coming soon)




Leave a Reply.