Tabah Helmi NonakaJanuary 6 2010
Joana Ketting Oliver : Selamat Tahun Baru, saya ucapkan kepada pak Stefan Leks. Semoga ditahun 2010 ini akan membawa banyak kedamaian bagi seluruh umat di dunia dengan kita mulai menderaskan Doa Kerahiman ini

Sudah lebih dari 4 tahun saya berdoa Doa Kerahiman ini biarpun tidak rutin. Dikarenakan saya belum mengerti sepenuhnya cara berdoa Doa Kerahiman dengan benar.

Dengan adanya penjelasan dari Pak Stefan yg kebetulan saya juga membeli buku Devosi kepada Kerahiman Illahi ini, sekarang saya agak mengerti even masih sedikit bingung dengan jawaban Pak SL atas pertanyaan Berdoa apa? dan anda menjawab dengan "apa saja.

Selain buku dari pak Stefan saya juga punya kartu doa Devosi Kerahiman Illahi ini yang bisa saya taruh di dalam dompet. Didalam kartu kecil itu ada 2 Doa lainnya selain doa Koronka. Yaitu Doa Jam Kerahiman Pukul 15:00 (Ya Yesus, Engkau telah wafat...) dan Doa Utama Kepada Kerahiman Ilahi (Darah dan air...)

Pertanyaan saya adalah ............

1. Mengapa kita tidak mendoakan kedua doa tersebut diatas atau salah satu tepat pd pukul 15:00 daripada doa "apa saja" ?Karena disitu jelas disebutkan Doa Jam Kerahiman Pukul 15:00 (saya biasa menderaskan doa Darah & Air tepat pukul 3 jika tidak ada wkt utk ke kapel atau melakukan jalan salib)

2. Mengapa begitu banyak doa Kerahiman sehingga membuat orang jadi bingung? Maksud saya kedua doa tersebut diatas itu.

3. Pertanyaan terakhir saya, ada 2 pages mengenai Devosi Kerahiman di Facebook? One page about Devosi Kerahiman Ilahi dan the other is this page? Apakah tidak bisa dijadikan satu sehingga segala informasi yg kita dapat mengenai Doa Kerahiman tidak ter-pencar2?

Stefan Leks: Terima kasih Joan atas 3 pertanyaan. Akan dijawab satu per satu pada saatnya. Sebagai langkah pertama, dijawab pertanyaan ketiga: Mengapa ada 2 pages mengenai Devosi kepada Kerahiman Ilahi di Facebook? Apakah tidak bisa dijadikan satu?

Page ini yang sedang Joan ikuti dimulai 5 November 2009 (jadi belum lama!) dengan tujuan khusus, yaitu sebagai "page pembinaan". Segala sesuatu yang menyangkut devosi dan spiritualitas Kerahiman Ilahi hendak dijelaskan di sini, jika Tuhan akan merestuinya. Page atau situs ini ada di tangan Tuhan sendiri. Adminsitrasi hanya ingin menolong para pembacanya.

Semua penjelasan ingin diberi berdasarkan sumber aslinya, yaitu berdasarkan buku2 dalam bahasa Polandia (Buku Harian St. Faustina termasuk di situ) serta praktek devosi ini di Pusat Kerahiman Ilahi di Krakow-Lagiewniki, Polandia. Sebab devosi ini memang berasal dan lahir di Polandia.

Kami tidak mau menggunakan berbagai leaflet atau flyer / folder atau gambar yang rajin dicetak dan diedarkan oleh berbagai pihak (biasanya anonim) baik di Indonesia maupun di luar negeri. Semua gambar / folder itu hampir tak pernah dilengkapi dengan Imprimatur dan Nihil Obstat dari hirarki. Di folder2 itulah tercetak bahwa pada Jam Kerahiman harus berdoa ini dan itu, padahal Yesus tidak pernah mengharuskannya. Apakah Tuhan pernah memaksa seseorang berdoa dengan cara tertentu saja? Doa "Bapa kami" pun berbeda dalam Injil Lukas dan Matius!

Page / situs ini belum lama ini bergabung dengan salah satu situs yang tadinya bernama "Koronka". Penciptanya dengan rela bergabung dengan kami. Page lain mungkin akan menyusul suatu hari kalau ini memang dikehendaki Tuhan. Namun, kami pasti tidak akan mendesak pihak mana pun untuk bergabung dengan kami. Setiap situs, walaupun namanya hampir sama, pasti berkarakter dan bertujuan lain. Lihatlah saja perbedaan antara situs "Bunda Maria Penolong Abadi" dan "Bunda Penolong Abadi". Di luar negeri pun ada banyak situs yang - dilihat sepintas - hampir sama , namun tetap dibiarkan "exist".

Sekian dulu penjelasan atas pertanyaan ketiga. Terima kasih.

(jawaban atas pertanyaan pertama & kedua, menyusul....)




Leave a Reply.