Tabah Helmi NonakaDecember 28, 2009
"Doa Jam Kerahiman apa saja dan ada berapa?" -

Tak ada satu doa pun yang diwajibkan untuk didaraskan pada Jam Kerahiman. Setiap orang dipersilakan memuliakan Kerahiman Ilahi dengan caranya sendiri.

Cara berdoa untuk orang berdosa - terserah kepada masing2 pendoa. Jalan Salib, bisa spontan dan bisa pula dari buku pilihan Anda. Yesus minta supaya kita membenamkan diri dalam Kerahiman Ilahi, tetapi tidak pernah memberi petunjuk bagaimana melakukannya.

Boleh dikatakan bahwa Jam Kerahiman adalah kesempatan istimewa untuk berkontemplasi mengagungkan Kerahiman Ilahi, merenungkan sengsara dan wafat Yesus di salib, sambil berdoa untuk apa saja yang sesuai dengan kehendak Allah, khususnya untuk para pendosa.

Jumlah doa pun tidak pernah ditetapkan oleh Yesus. Jika pada lembaran2 doa Koronka disebut beberapa doa, maka doa itu hanyalah contoh yang tak pernah wajib diucapkan, walaupun tidak dilarang pula.

"Buku doa kerahiman mana yang benar?" Buku yang sudah mendapat Imprimatur dan Nihil Obstat dari Hirarki Gereja Katolik. Banyak orang menjiplak buku yang sudah ada dan mencetaknya sendiri. Hal macam ini tentu tak bisa dipuji. Di dunia ada ribuan buku mengenai devosi kepada Kerahiman Ilahi yang pada dasarnya sama saja sebab semua bertumpu pada Buku Harian St. Faustina.

Jangan terlalu mengandalkan brosur2 kecil atau leaflet yang entah dari mana asalnya. Justru pada brosur2 kecil biasanya dicatat bahwa Jam Kerahiman adalah saat berdoa Koronka. Padahal ini tidak benar.

By SL

9/22/2010

While our dream is confronted with the reality, you always feel painful. Just trample on the pain, or you'll be beat down by it.

Reply



Leave a Reply.