Tabah Helmi NonakaJanuary 1 
Stefan Leks:
Lanjutan sabda Yesus bulan Februari 1938: "Putri-Ku, berusahalah se-baik2nya melaksanakan Jalan Salib pada jam ini, asal saja tidak terhalang oleh tugas2mu; kalau tidak mungkin melaksanakan Jalan Salib, se-kurang2nya masuklah ke kapel barang sejenak dan sembahlah Hati-Ku yang penuh kerahiman dalam Sakramen Mahakudus."

Yesus wafat di salib sekitar pkl. 15.00. Jadi, tepat pada saat diadakan Jam Kerahiman. Namun, sebelum wafat, Ia harus sendiri memanggul salib-Nya ke Bukit Golgota. Rangkaian peristiwa penuh penderitaan itu kini dijadikan kebaktian tersendiri bernama "Jalan Salib".

Yesus pasti sangat mencintai orang yang pada Jam wafat-Nya mengadakan Jalan Salib sambil berusaha bersatu dalam sengsara-Nya. Seandainya tidak, buat apa Ia menghimbau, "Berusahalah sebaik-baiknya melaksanakan Jalan Salib pada jam ini"?

Jalan Salib dapat diadakan dengan menggunakan teks yang terdapat dalam buku doa resmi, misalnya di buku Puji Syukur. Tetapi, setiap orang dapat juga menciptakan teksnya sendiri secara spontan pada masing2 perhentian. Selama Jalan Salib ada 14 perhentian, yaitu 14 saat untuk berdoa secara berbeda-beda. Keempat belas perhentian itu sebaiknya dihafal untuk bisa menyenangkan Yesus dengan mengadakan Jalan Salib.

Perhentian
1. Yesus dihukum mati oleh Pilatus.
2. Yesus memanggul salib;
3. Yesus jatuh untuk pertama kalinya;
4. Yesus bertemu dengan bunda-Nya;
5. Yesus ditolong oleh Simon dari Kirene;
6. Wajah Yesus diusap oleh Veronica;
7. Yesus jatuh untuk kedua kalinya;
8. Yesus ditangisi para perempuan Yerusalem;
9. Yesus jatuh untuk ketiga kalinya;
10. Pakaian Yesus ditanggalkan;
11. Yesus dipaku pada kayu salib;
12. Yesus wafat di salib;
13. Yesus diturunkan dari salib;
14. Yesus dimakamkan.

--------------------------------------------------------

Ada juga Jalan Salib modern yang sudah beberapa kali dipakai dalam kebaktian Jumat Agung di Colloseum (Roma) yang dipimpin Paus atau wakilnya. Jalan Salib modern ini pun dapat dipakai.
Inilah perhentian2nya:

1. Yesus berdoa di Taman Getsemani;
2. Yesus dikhianati Yudas lalu ditangkap;
3. Yesus dihadapkan ke Mahkamah Agama;
4. Yesus disangkal oleh Rasul Petrus;
5. Yesus diadili oleh Pilatus;
6. Yesus dicambuk dan dimahkotai duri;
7. Yesus memanggul salib;
8. Yesus ditolong oleh Simon dari Kirene;
9. Yesus ditangisi oleh para putri Yerusalem;
10. Yesus dipaku pada kayu salib;
11. Yesus menjanjikan Kerajaan Surga kepada penyamun yang baik; 12. Yesus yang disalibkan didampingi oleh bunda dan murid-Nya yang terkasih;
13. Yesus wafat di salib;
14. Yesus dimakamkan.

Apa kelebihan Jalan Salib yang baru ini? Jalan Salib ini sepenuhnya berdasarkan Injil dan lebih lengkap sebab dimulai dengan sakratulmaut Yesus di Getsemani.

Silahkan mencobanya.

Reply



Leave a Reply.